Dijamin Ampuh! Terapkan 6 Cara Membasmi Kutu Kucing di Rumah

Kutu kucing dapat mengusik kenyamanan kucing dalam beraktivitas. Badannya pasti gatal jika dihinggapi kutu tersebut. Sebagai pemiliknya, Anda pasti juga risih untuk menggendong kucing yang punya kutu. Untuk itu, terapkan cara membasmi kutu kucing di rumah agar hewan lucu ini terbebas dari kutu.

  • Menghilangkan Kutu Kucing dengan Sampo Khusus

Kutu kucing bisa dihilangkan menggunakan sampo khusus. Anda bisa memandikan kucing menggunakan sampo penghilang kutu kucing. Sampo khusus tersebut bisa diperoleh dengan mudah dengan cara membelinya di pet shop. Anda harus melakukan perawatan untuk membasmi kutu kucing tersebut secara rutin agar kutu sekaligus telur-telurnya bisa dibasmi.

  • Membersihkan Selimut dan Lap untuk Kucing

Selimut kucing juga harus dibersihkan guna menghilangkan kutu-kutu yang barangkali sudah merambat ke selimut. Selain itu, bersihkan juga lap kucing yang digunakan untuk mengeringkan bulunya. Hal ini dilakukan agar kutu-kutu sekaligus telurnya bisa dihilangkan dan tidak sempat hinggap di bulu kucing.

  • Membersihkan Tempat Tidur Kucing

Selain menghilangkan kutu kucing menggunakan sampo khusus, maka Anda bisa membasminya dengan membersihkan lingkungan, termasuk tempat tidurnya. Dengan tempat tidur yang bersih, maka kutu tidak akan bersarang di sana. Dengan adanya tempat tidur yang terbebas dari kutu, kucing akan terhindar dari kutu-kutu yang mengusik aktivitasnya.

Kenyamanan saat tidur juga terjaga dan tidak terganggu oleh rasa gatal akibat gerakan dari kutu-kutu yang menempel di bulu kucing. Anda harus segera membersihkan tempat tidur dengan menyeluruh agar benar-benar bersih. Jika tidak segera, ditakutkan kutu semakin berkembang biak, karena perkembangbiakannya sangat cepat.

  • Menghilangkan Kutu dengan Tanah Diatom

Tanah diatom sangat berguna sebagai salah satu cara membasmi kutu kucing di rumah. Caranya adalah dengan menaburkan tanah diatom di sekitar pekarangan rumah Anda. Untuk memperoleh tanah ini, Anda dapat membelinya di pet shop yang terdekat. Akan tetapi, jika tidak menemukannya, maka Anda bisa memesan tanah diatom ini di online shop.

  • Menjauhkan Kucing dari Kucing Liar

Kucing liar merupakan salah satu ancaman untuk kucing Anda. Dalam hal ini, kucing liar yang tidak terurus bisa jadi mempunyai kutu. Ketika kucing peliharaan berinteraksi dengan kucing liar secara terus menerus atau dalam waktu lama, maka terdapat kemungkinan kucing Anda tertular oleh kutu yang milik kucing liar.

Jauhkanlah kucing peliharaan dengan kucing liar untuk memperkecil kemungkinan tertularnya kutu. Hal ini perlu dilakukan demi kebaikan kucing dan kenyamanannya saat beraktivitas. Anda juga tak perlu merasa risih ketika menggendong atau mengelus kucing. Agar kucing tidak stres, izinkan kucing berinteraksi dengan kucing tetangga yang terawat.

  • Memandikan Kucing Secara Teratur

Selain membersihkan kutu kucing dengan sampo khusus dan membersihkan lingkungan, Anda harus rajin memandikan kucing secara teratur agar si meong terhindar dari kutu. Apabila dimandikan secara rutin, maka tubuh kucing akan tetap bersih dan bisa terhindar dari kutu.

Sumber awal timbulnya kutu-kutu jahat ini bukankah memang dari kondisi yang kotor? Baik itu bagi kucing maupun lingkungannya. Selain itu, kucing yang bersih juga dapat membuat Anda bisa nyaman menggendongnya.

Beberapa cara membasmi kutu kucing di rumah tersebut tergolong efektif dan bisa dilakukan secara rutin untuk benar-benar menghilangkan kutu. Untuk menghilangkan kutunya, Anda tak hanya harus memandikan dan membersihkan kucing dari kutu, tetapi juga membersihkan area tempatnya tidur sekaligus area bermainnya.

(Visited 57 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *