Simak Panduan dalam Memilih Tali Pancing yang Kuat, Murah dan Tepat

Memancing merupakan salah satu kegiatan yang dijadikan hobi oleh beberapa orang, bisa dilakukan kapan saja untuk mengisi waktu luang. Umumnya dilakukan pada sebuah tempat pemancingan, sungai, waduk, ataupun tempat lainnya yang berpotensi banyak ikan. Dalam memancing sendiri memerlukan alat pancing, dan alat tersebut mempunyai beberapa komponen salah satunya adalah tali pancing yang berperan penting untuk menangkap ikan. Anda tidak bisa melakukan kegiatan memancing tanpa adanya tali tersebut, di masyarakat lebih dikenal dengan senar atau kenur pancing.

Dipasaran sendiri banyak sekali penjual yang menawarkan alat memancing dengan berbagai model, tipe dan juga kemampuan. Dan jaman sekarang menjual alat pancing tidak hanya sebatas melalui toko konvensional saja tetapi juga banyak toko online yang menawarkan hal serupa. Walaupun begitu, Anda tidak bisa membeli dengan sembarangan. Karena harus memerlukan banyak pertimbangan supaya sesuai dengan keinginan, seperti halnya pembelian senar pancing. Nah, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum pembelian senar yaitu:

  1. Anda harus menentukan terlebih dahulu tujuan memancing, hanya sekedar hobi atau digunakan untuk melakukan perlombaan. Karena kebutuhan senar untuk melakukan hobi dan perlombaan akan berbeda.
  2. Setelah Anda menemukan tujuannya barulah untuk menentukan pada yang Anda butuhkan dalam pemancingan tersebut. Hal itu dikarenakan mengingat kenur sendiri dibedakan menjadi beberapa jenis, misalnya dari kelenturan, ketahanan, perpanjangan dan lain sebagainya.
  3. Selanjutnya Anda bisa membandingkan terlebih dahulu merk satu senar dengan lainnya, mana yang lebih masuk dan menjadi solusi apa yang Anda perlukan.
  4. Jangan lupa juga untuk memperhatikan harga yang ditawarkan, jangan sampai Anda tergiur dengan harga murah tetapi kualitas murahan. Apalagi jika Anda membeli harga tali pancing yang mahal tetapi pada kenyataannya kualitas yang diberikan sangat tidak sesuai dengan harga tersebut atau murahan.
  5. Jenis ikan yang menjadi sasaran pemancingan juga menentukan pemilihan senar yang Anda beli. Misalnya akan menangkap ikan dengan ukuran ikan rata-rata yang besar, tentunya akan berbeda dengan ikan yang berukuran atau jenis lainnya.
  6. Pemilihan toko yang tepat juga menentukan kualitas dari senar yang akan Anda beli, pastikan Anda memilih toko yang terpercaya baik itu toko online ataupun konvensional.

Tahapan-tahapan diatas dapat dijadikan sebagai panduan Anda sebelum akhirnya membeli senar pancing yang sesuai seperti apa yang dibutuhkan. Selain itu juga mempertimbangkan harga sendiri bertujuan untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Sebenarnya dalam kegiatan memancing bukan hanya mempertimbangkan tali alat pancingnya saja tetapi juga alat pendukung lainnya, seperti:

  1. Kotak pancing yang berguna untuk menempatkan peralatan.
  2. Nikelin atau sering dikenal dengan kawat pengait.
  3. Kili-kili yang berfungsi untuk mengurangi kemungkinan tali kenur bisa melintir.
  4. Timah sebagai pemberat alat pancing Anda, sehingga bisa masuk dalam air.
  5. Sabiki yang merupakan rangkaian dari beberapa kail yang dapat membuat alat pancing Anda lebih menarik.
  6. Penggulung atau reel sebagai pengendali tali senar pancing Anda saat mendapatkan ikan.

Nah, dari beberapa alat tersebut kesemuanya harus Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan juga keinginan. Jangan sampai Anda memilih alat pancing yang tidak sesuai dengan kondisi ataupun tujuan Anda memancing ikan tertentu. Jadi bukan saja tali pancing yang perlu Anda perhatikan, setiap komponennya penting. Perpaduan setiap item yang berkualitas akan memberikan hasil yang baik dalam kegiatan memancing Anda.

 

(Visited 13 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *