Tips Aman Belajar Mengemudi Mobil Manual Bagi Pemula

Saat ini banyak sekali ditemukan kursus setir mobil, tak jarang harga kursus yang ditawarkan cukup variasi. Orang-orang yang belajar menyetir mobil biasanya tidak mengenal umur ada yang muda dan dewasa. Belajar menyetir mobil merupakan langkah awal sebelum memiliki mobil. Namun, belajar tidak harus kursus pengemudi dapat belajar otodidak melalui youtube atau artikel-artikel terkait belajar mengemudi untuk pemula, salah satunya adalah artikel ini.

Sebelum belajar mengemudi seorang pemula harus mengerti menjaga jarak antar kendaraan yang berada didepan dan dibelakang mobil untuk menghindari tabrakan serta meminimalisir untuk mendahului kendaraan lain apabila belum dapat mengatur jarak. Kemampuan melihat juga perlu ditekankan untuk dapat melihat jarak kiri dan kanan jalan serta lebar jalan dilalui. Saat mengendarai mobil pandangan harus fokus kedepan dan membagi pandangan jalan samping kiri dan kanan. Namun, untuk pandangan sebelah kiri haruslah diperhatikan karena banyak pejalan kaki, kendaraan parkir, serta aktifitas masyarakat yang mungkin mengambil badan jalan.

Untuk itu tips pertama bagi pemula, masuk kedalam mobil dalam posisi datar dan pasangkan sabuk pengamanan pada tubuh. Setelah itu atur posisi duduk senyamannya karena akan berpengaruh terhadap posisi kaki dalam menginjak rem, kopling dan gas. Cara memegang setir yang benar adalah ujung tuas berbentuk benjolan tidak digenggam, namun dipegang dengan dua ruas bawah jari telunjuk serta tengah dan diapit jari yang lain tanpa tekanan dan tarikan. Usahakan posisi tangan lebih rileks. Selain itu juga pastikan mengenali cara memegang tuas persneling dan memindahkan gigi, hafalkan letak posisi serta gerak perpindahannya. Apabila melirik kearah tuas itu akan sangat membahayakan. 

Selanjutnya, nyalakan mesin mobil dengan menstarter pada kunci mobil sambil menginjak pedal kopling secara penuh. Saat mesin menyala lepaskan pedal kopling dan pastikan tuas masih dalam posisi netral. Ketika akan menjalankan mobil, angkat kaki dari kopling sampai putaran mesin menurun. Lalu injak pedal gas dengan santai dan pindahkan tuas dari posisi netral menjadi posisi gigi 1. Mobil sudah berjalan dan pengemudi hanya perlu menyeimbangkan gas dan kopling. Apabila ingin menambah kecepatan dapat menambahkan tekanan pada gas tetapi sebaliknya jika ingin mengurangi kecepatan.

Saat belajar mengemudi untuk menghentikan mobil, himpit kopling, melepas gas serta kaki kanan bergeser diatas pedal rem dan injak perlahan untuk mengatur pengereman dan memposisikan sesuai keinginan. Belajar menyetir mobil sekali tidak akan membuat pengemudi mengerti, setidaknya belajar 3 kali dalam seminggu maka akan mempercepat pengemudi mahir dalam menyetir. Namun yang perlu diperhatikan adalah tetap berhati-hati karena walaupun dalam posisi menyetir kecelakaan bisa saja terjadi jika tidak mengikuti aturan dari mentor yang biasanya duduk disebelah kiri kursi duduk penumpang. Tips-tips ini dapat dicoba bersama anggota keluarga atau dibawah pengawasan orang yang mahir.

(Visited 49 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *